Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah sebuah teknik iklan dalam menjual dan mempromosikan suatu barang atau jasa. Secara umum, copywriting ialah memberikan pesan menarik di depan calon pelanggan sehingga calon pelanggan tersebut tertarik untuk membeli ataupun menggunakan barang dan jasa kita. Pada sebuah buku yang membahas mengenai copywriting disebutkan bahwa copywriting iklan didasarkan pada tiga prinsip dasar, yaitu:

Please Wait
  • Keterlibatan antara penjual dan pelanggan
  • Penjelasan lengkap mengenai produk/jasa yang dijual
  • Mencapai hasil akhir yaitu terjualnya produk atau jasa.

Bagian terakhir adalah hal terpenting yang menjadi fokus utama bagi kita sebagai orang yang melakukan copywriting iklan. Ketika Anda melakukan copywriting, maka pelanggan akan tertarik untuk membeli produk Anda. Seperti dia menginginkan hasil dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Contohnya adalah sebagai berikut.

Ketika Anda menjual obat penumbuh rambut, tentu tujuan dari orang-orang yang akan menjadi sasaran penjualan Anda adalah orang-orang yang ingin menumbuhkan rambut. Inilah yang menjadi hal untuk memikat calon pelanggan agar membeli produk Anda. Dengan memakai prinsip copywriting iklan, kita akan membuat sebuah promosi yang menarik bagi calon konsumen kita. Copywriting bukan hanya berupa tulisan, bisa berupa video, ilustrasi dan gambar.

Copywriter sendiri adalah orang-orang yang melakukan pekerjaan copywriting. Dengan banyaknya iklan yang beredar di luar sana saat ini, konsumen tidak akan melirik kecuali itu adalah sesuatu yang menarik minat mereka. Inilah sebabnya mengapa lebih penting untuk memiliki tujuan dan konsep yang jelas saat Anda melakukan copywriting iklan, sehingga Anda tahu peluang mana yang Anda coba capai dalam populasi yang lebih besar.

Akan selalu ada kebutuhan akan profesi copywriter, tidak peduli apakah ekonomi sedang dalam kondisi naik atau turun. Perusahaan harus selalu menarik atensi konsumen dan selama permintaan ini dibutuhkan, copywriter akan banyak diminati. Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai copywriter, Anda akan memiliki banyak peluang kerja. Anda dapat memutuskan untuk bekerja di biro iklan, di Internet, atau menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Ada banyak peluang berbeda untuk Anda yang ingin menjadi seorang copywriter.

Saat Anda menggunakan copywriting iklan untuk menjual suatu produk atau jasa, kuncinya adalah Anda harus ingat untuk bisa menempatkan diri Anda pada posisi konsumen. Ini dilakukan dengan memahami dan mempelajari apa yang terlintas di benak konsumen. Setiap orang tentu akan memiliki perbedaan dalam hal apa yang membuat mereka untuk membeli produk anda. Dengan melakukan hal ini, Anda akan memiliki peluang dan pemahaman yang lebih baik dan luas tentang ke mana Anda harus menggunakan copywriting itu dan pesan apa yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan Anda.

Artikel copywriting iklan ini bertujuan untuk memberi Anda gambaran umum mengenai seni copywriting iklan. Permintaan copywriter akan selalu kuat karena kebutuhan perusahaan untuk mempromosikan produk mereka kepada calon konsumen akan selalu ada. Jika Anda tidak mempromosikan produk Anda, maka perushaan Anda akan tertinggal. Inilah sebabnya mengapa copywriting adalah profesi yang sangat menarik.

Diberdayakan oleh Blogger